Search

Jumat, 14 Januari 2011

POS UASBN/UN 2011

Mata pelajaran yang diujikan pada UN 2011 yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dan ditambah dengan mata pelajaran sesuai dengan program/jenjang. Jumlah soal tidak sama untuk semua maple UN, namun untuk jatah waktu sama 120 menit.

Mata Pelajaran UN

Mapel yang sama untuk semua program/jenjang adalah Bhs. Indonesia (50 soal), MM (40 soal), Bhs. Inggris (35 PG, dan 15 soal listening comprehension atau 15 soal reading untuk penyandang tunarungu)

Mapel UN Sesuai Program

  1. SMA/MA Program IPA (Fisika, Kimia, Biologi- masing-masing 40 Soal)
  2. SMA/MA Program IPS (Ekonomi 40 soal, Sosiologi 50 soal, Geografi 50 soal)
  3. SMA/MA Program Bahasa (Sastra Indonesia 40 soal, Sejarah Budaya/ Antropologi 50 soal, Bahasa Asing 50 soal: Arab/Jepang/Jerman /Prancis/Mandarin)
  4. MA Program Keagamaan (Tafsir, Hadis,Fikih, masing-masing 50 soal)
  5. SMK (Kompetensi Keahlian: (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan,1 paket, 18 – 24 jam, Ujian teori dan praktik kejuruan dilaksanakan sebelum pelaksanaan UN
  6. SMP, MTs, dan SMPLB (Ilmu Pengetahuan Alam 40 soal)

POS UASBN/UN 2011

Pedoman Operasional Standar (POS) untuk UASBN dan UN ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan . Peraturan BSNP Nomor 0148/SK-POS/BSNP/I/2011 tanggal 3 Januari 2011 yang mengatur POS UN memuat hal-hal yang berakitan dengan penyelenggaraan ujian nasional. Jadi, POS UN adalah merupakan acuan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional.

Penyelenggara Ujian

Pada POS UN dijelaskan Penyelenggara UN adalah Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) bekerjasama dengan Pemerintah, Perguruan Tinggi Negeri, dan Pemerintah Daerah, yang dalam pelaksanaannya terdiri atas Penyelenggara UN Tingkat Pusat, Penyelenggara UN Tingkat Provinsi, Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota, dan Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah.

POS UN memuat ketentuan tentang penyelenggaran UN, antara lain:

  • Tugas kewajiban penyelenggara ujian (tingkat pusat, provinsi, kab/kota, dan tingkat sekolah/madrasah.)
  • Syarat peserta UN
  • Penyusunan kisi-kisi UN
  • Pelaksanaan UN (jadwal UN, ruang ujian, kewajiban penyelenggara, tata tertib pengawas, tat tertib peserta
  • Pemeriksaan hasil ujian (pengumpulan dan pengolahan)
  • Kelulusan tingkat sekolah
  • Kelulusan UN

POS Pencetakan Bahan Ujian SD/MI/SMP/MTs/SMPLB/SMA/SMALB/MA/SMK ditetapkan berdasarkan Peraturan BSNP 0149/SK/BSNP/I/2011 tanggal 3 Januari 2011. POS Pencetakan mengatur tentang bahan ujian mulai dari penyiapan samapai dengan distribusi pada saat pelaksanaan ujian. Juga, kegiatan setelah ujian, termasuk sanksi bagi yang melanggar.

POS Pencetakan bahan ujian memuat antara lain kewajiban Penyelenggara Ujian Nasional, Spesifikasi dan Persyaratan Perusahaan Percetakan, Spesifikasi Kertas (Kertas Naskah Ujian dan LJK), Pengamplopan, Pendistribusian, Pengamanan.

Dokumen untuk diunduh

POS UASBN

POS UN SMP/SMA/SMALB/MA/SMK

POS Pencetakan Naskah Ujian UASBN dan UN

Sumber: Tunas63

0 komentar:

Poskan Komentar

Tenaga Pendidik